Let conjoined with affiliation program:

¦ Chitika ¦ Kumpul Blogger ¦ Bikin Duit ¦ Bidvertiser ¦ forex ¦

¦ AdsenseCamp ¦ ClixSense ¦ AdBrite ¦ Ppcinbox ¦

¦ Mesin Pencari ¦ Ardhosting ¦ Clickinc ¦ PanenIklan ¦ Bux.to ¦


Sunday, February 15, 2009

MARKETING

HOME


INDONESIA SKILLS COMPETITION

(LKS-SMK XVII 2009 IN JAKARTA)


TECHNICAL DESCRIPTIONS OF MARKETING


I. Foreword


Globalization era give double impact which is over and above open collaboration chance that one extent it internations, also open emulation that progressively tight and sharp at all work area.


To face challenge of aforesaid, therefore Indonesia Government shall strengthen competitiveness and competitive top at all sector by relies on quality and human resource ability with technological mastery and management. To it Government always tries make ready competent labour deep its area each.


Indonesia Skills Competition (Lomba Keterampilan Siswa = LKS)
National to XVII at Jakarta for Vocational Highstudent all Indonesia is that of form reality one of effort in developmental human resource that did by Government via Directorate Technical and Vocational EducationDirectorate General of Management for Primary and Secondary Education The Ministry of National Education Republic of Indonesia.


II. Tujuan

1. Mendorong SMK untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang mengacu kepada Standar Keterampilan Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang keahlian Marketing / Penjualan.

2. Untuk memantau peta kualitas dan kemampuan SMK di seluruh Indonesia sesuai dengan Standar Keterampilan Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang keahlian Marketing / Penjualan.

3. Mempromosikan Keterampilan siswa SMK bidang keahlian Marketing/Penjualan kepada dunia industri sebagai calon pengguna tenaga kerja.

4. Memberikan kesempatan dan motivasi kepada siswa untuk berkompetisi secara positif, untuk menumbuhkan kebanggaan pada bidang keahlian yang ditekuninya, juga kebanggan bagi sekolah dan daerah/provinsinya.


III. Peserta

Peserta adalah siswa SMK dengan kriteria sebagai berikut :

1. Warga Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2. Tercatat Siswa tingkat II/III SMK negeri atau Swasta program keahlian Marketing / Penjualan di Indonesia dalam tahun 2009.

3. Dinyatakan sebagai Pemenang LKS Tingkat Propinsi program keahlian Marketing / Penjualan dalam tahun 2009 atau yang ditunjuk oleh Kepala Dinas Pendidikan Nasional di Propinsi sebagai peserta LKS tingkat Nasional ke-XVII Tahun 2009 mewakili propinsi yang bersangkutan.

4. Setiap propinsi hanya dapat diwakili oleh 1 (satu) orang peserta.


IV. Materi Lomba

A. Lingkup Lomba

Jenis kegiatan yang dilombakan adalah meliputi :

1. Tes Praktek Peralatan Transaksi / Mesin-mesin Bisnis ( 30 menit )

Meliputi tes keterampilan terpadu dengan materi penguasaan operasionalisasi mesin :

1) Cash Register dan Scanner

2) Price labelling,

3) Mesin Timbang Digital

2. Tes Praktik Penjualan / Bazaar (.320 menit )

1) Praktek penjualan dalam bentuk bazaar (penataan barang/display, salesmanship skill, negotiation, promotion),

2) Pembuatan laporan Laba (Rugi)

3) Administrasi Penjualan

4) Penyiapan promotion tools (diantaranya P.O.P = Point Of Purchase)

5) Kemampuan matching antara laporan yang dibuat dengan nilai nominal rupiah yang diperolah dari hasil penjualan.

3. Tes Komputer ( 90 menit )

Meliputi test keterampilan komputer Word dan Excell.

4. Tes Presentasi ( 15 menit )

Meliputi test kemampuan untuk mempresentasikan (komunikasi dan penalaran) suatu topik yang spesifik (dalam Bahasa Inggris) tentang :

1) product knowledge barang yang akan dijual,

2) cara menawarkan,

3) ketrampilan mempromosikan produk yang dimaksud,

4) pemaparan proyeksi omzet yang akan dicapai,

5) perhitungan laba /rugi,

6) break event point,

7) persentasi laba,

8) strategi penetapan harga jual,

9) strategi discount (sebagai langkah alternatif jika produk tidak terjual),.

B. Skor dan Bobot Penilaian

Skor maksimal dan bobot :

1. Tes Praktek Peralatan Transaksi / Mesin-mesin Bisnis

(skor maksimal 100, bobot 10%)……………................... N1

2. Tes Praktik Penjualan (skor maksimal 100,

bobot 50%)…....................................................................N2

3. Tes Praktik Komputer (skor maksimal 100, bobot 30%).. N3

4. Tes Presentasi (skor maksimal 100, bobot 10%) ....….... N4

Perhitungan Nilai Tes N1….N4 :

Skor Perolehan

Nilai Tes N1…N4 = ----------------------- X Bobot.

Skor maksimal

Nilai Akhir = ∑(Nilai Tes N1...N4)

B. Aspek-aspek Penilaian

Ad.1. Aspek yang dinilai untuk Tes Praktik Peralatan Transaksi / Mesin-mesin Bisnis adalah :

NO.

ASPEK YANG DINILAI

SKOR

PROSES

SKOR

HASIL

AKHIR

JUMLAH

SKOR

I

Aspek Keterampilan :

Cash Register




1

Tahapan

8



2

Kecepatan Waktu Pengerjaan

8



3

Ketepatan Pengemasan


8


4

Kebenaran Hasil Akhir Perhitungan


8


5.

Kerapihan Kerja


8

40


II

Aspek Keterampilan :

Price Labelling & Kalkulator




1

Kebenaran Nilai Angka Nominal


10


2

Ketepatan Penempelan


10

20


III

Aspek Ketrampilan

Mesin Timbangan Digital




1.

Kemampuan menginput PLU disesuaikan dengan barang

20



2.

Kebenaran menginput harga barang


20

40


Jumlah



100

Ad.2.: Aspek yang dinilai untuk Tes Praktek Penjualan adalah :

I.

Aspek Ketrampilan

Praktek Penjualan Dalam Bentuk Bazaar




1.

Display Barang Dagangan





- Ketepatan mengelompokkan

Barang

5




- Ketepatan penataan warna,

cahaya mudah dilihat, dijangkau &

atraktif

5




- Komunikasi


5



- Kreatifitas


5



- Kesesuaian alat bahan / asesories

Display


5

25

2.

Media promosi & Keterkaitan substansi





- Promotion Tools


5



- Keterkaitan business plan dengan

Sales


5

10

3.

Perilaku layanan Penjualan





- Pengetahuan produk


5



- Pengetahuan harga


5



- Cara menawarkan


5



- Cara menanggapi keluhan


5



- Memotivasi dalam pengambilan

Keputusan


5

25

4.

Administrasi Penjualan





- Jumlah keuntungan


5



- Jumlah Total Penjualan / Omzet (tanpa discount)


5



- Jumlah Total Penjualan / Omzet dengan harga setelah discount


5



- Perbandingan barang yang

tersedia dengan yang

dijual


5

20

II.

Sikap Kerja




1

Ketelitian


5


2

Keakuratan


5


3

Kerapian


5


4

Keterbacaan


5

20


Jumlah



100

Ad.3. Aspek yang dinilai untuk Tes Praktik Komputer adalah:

NO.

ASPEK YANG DINILAI

SKOR

PROSES

SKOR

HASIL

JUMLAH

SKOR

I

Keterampilan




1

Tahapan

10



2

Kecepatan waktu pengerjaan

10



3

Kebenaran hasil akhir perhitungan


15


4

Ketepatan sesuai kunci jawaban


15


5

Kerapihan kerja


10

60

II

Sikap Kerja




1

Ketelitian

10



2

Keakuratan

10



3

Kerapian


10


4

Tepat waktu


10

40


Jumlah



100

Ad.4. Aspek yang dinilai untuk Tes Presentasi adalah: Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap meliputi:

No.

Keterangan

Skor

Maksimum

Skor

Perolehan

1

Penguasaan materi

20


2

Sistematika penyajian

10


3

Penampilan pribadi (kerapian pakaian, nada suara, percaya diri)

20


4

Penggunaan bahasa Inggris

20


5

Penyiapan dan penggunaan alat bantu/media

10


6

Kebenaran jawaban pertanyaan

20



Total

100



V. Tim Penguji

Jumlah Juri sebanyak 5 orang terdiri atas :

No

Unsur

Pusat

A.

Profesional Ritel dari Perusahaan

2 orang

B

Asosiasi Profesi terdiri dari : Asosiasi Praktisi dan Konsultan Ritel Indonesia (APKRINDO) & Asosiasi Manajemen Indomesia (AMA)

2 orang

C

PPPG Kejuruan

1 orang


VI. Kriteria Pemenang Lomba

Juara Lomba adalah peserta yang memiliki nilai akhir tertinggi dari seluruh nilai para peserta lomba. Apabila ada juara lomba yang memiliki nilai akhir yang sama maka pertama akan diperhitungkan kecepatan menyelesaikan tugas-tugas. Seandainya setelah diperhitungkan kecepatannya ternyata nilai masih sama maka akan diadakan tes wawancara oleh setiap juri.

Para Juara ditentukan langsung oleh Juri meliputi: Juara I, II dan III

Selain para juara maka seluruh peserta mendapat penghargaan dari panitia penyelenggara.


VII. Panitia Lomba

Panitia lomba adalah :

1. Penanggung Jawab Bidang Lomba (Pusat) : . . . . . . . . . . . . . . . .

2. Penanggung Jawab Bidang Lomba (Daerah) : . . . . . . . . . . . . . . . .


VIII. Tempat Lomba

Tempat lomba untuk : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Jakarta


IX. Tata Tertib Lomba

Pembimbing diharapkan :

1.Mendampingi peserta pada saat ‘technical meeting’.

2.Mengisi daftar hadir yang disediakan Panitia.

3.Menjaga ketertiban dan ketenangan dalam pelaksanaan lomba.

4.Membantu peserta yang dibimbingnya apabila terjadi gangguan kesehatan.

5.Tidak membantu peserta pada saat lomba berlangsung.

Peserta diharapkan :

a. Hanya satu orang yang menjadi peserta mewakili propinsi dengan Surat Penunjukkan dari Dinas Pendidikan Propinsi. Tidak dibenarkan peserta diganti di saat tengah lomba berlangsung.

b. Peserta harus hadir pada saat ‘technical meeting’.

c. Peserta harus sudah hadir 15 menit sebelum test dimulai.

d. Wajib mengisi daftar hadir pada saat setiap jenis lomba yang diadakan.

e. Berpakaian kerja yang rapi, diharapkan hanya memakai identitas nomor peserta dari panitia.

f. Tidak diperbolehkan membawa buku/catatan/HP di ruang lomba.

g. Mengerjakan tugas dengan menggunakan pena/ballpoint, tidak dibenarkan menulis dengan pensil.

h. Tidak diperbolehkan menggunakan tipp-ex untuk menghapus kesalahan. Kesalahan hendaknya dicoret pada kata/angka yang salah dan ditulis kata/angka yang benar.

i. Untuk alasan kesehatan peserta diperbolehkan membawa makanan kecil dan minuman ke dalam ruang ujian.

j. Perlengkapan yang harus dibawa oleh peserta :

§ Pena/Ballpoint hitam, (disarankan lebih dari satu)

§ Penggaris,

§ Penghapus (bukan tipp-ex)

§ Kalkulator min. 12 digit.

§ Pinsil (untuk mata lomba tertentu)

§ Name Tag Nomor Peserta Lomba

k. Semua peserta selama lomba bertempat tinggal (penginapan) pada tempat yang telah disediakan oleh panitia.

l. Nomor Urut Peserta ditentukan oleh juri dalam bentuk undian

m. Semua peserta diharapkan sudah tiba di penginapan sehari sebelum pelaksanaan lomba.

n. Untuk Lomba Unjuk Kerja Praktik Marketing/Penjualan dalam bentuk bazaar dilakukan sendiri oleh siswa peserta lomba, dengan tahapan :

Dekorasi counter dapat dilakukan oleh peserta dan team pembinanya sehari sebelumnya atau pada hari ke 1 lomba

Pada hari ke 2 lomba:

- Tahap awal

:

§ Pelaksanaan display barang dagangan hanya dilakukan oleh peserta, dan diadakan penilaian display



§ Belum dilakukan transaksi penjualan.

§ Transaksi penjualan dimulai secara bersamaan

- Tahap kedua

:

§ Pelaksanaan penjualan

p. Mematuhi tata tertib yang telah ditentukan oleh panitia atau juri, apabila melanggar maka akan dikenakan sanksi dan dicatat. Apabila sanksi yang dikenakan sudah tercatat 3 (tiga) maka yang bersangkutan TIDAK DIPERKENANKAN (didiskualifikasi) serta diumumkan tidak dapat mengikuti mata lomba selanjutnya.


X. Registration


Registration (confirmation for participates) with letter or fax that at recommendation by element on duty Province Education at the furthest on
Midle of March2009, to Committee of LKS-SMK XVII National passes through:
Secretariat at Sub directorate of student activity, Directorate Technical and Vocational Educationwith address: complex of The Ministry of National Education, Building E, 12th floor, Sudirman's General road, Center Jakarta, Telephone/Fax.: 62 21 5725469


XI. The Closing


Things that was brought together
in this information sheet will be informed on technical meeting time (technical meeting).

No comments:

Post a Comment