Let conjoined with affiliation program:

¦ Chitika ¦ Kumpul Blogger ¦ Bikin Duit ¦ Bidvertiser ¦ forex ¦

¦ AdsenseCamp ¦ ClixSense ¦ AdBrite ¦ Ppcinbox ¦

¦ Mesin Pencari ¦ Ardhosting ¦ Clickinc ¦ PanenIklan ¦ Bux.to ¦


Sunday, February 15, 2009

RESTAURANT SERVICE

HOME


INDONESIA SKILLS COMPETITION
(LKS-SMK XVII 2009 IN JAKARTA)

TECHNICAL DESCRIPTIONS OF RESTAURANT SERVICE



I. Foreword


Globalization era give double impact which is over and above open collaboration chance that one extent it internations, also open emulation that progressively tight and sharp at all work area.


To face challenge of aforesaid, therefore Indonesia Government shall strengthen competitiveness and competitive top at all sector by relies on quality and human resource ability with technological mastery and management. To it Government always tries make ready competent labour deep its area each.


Indonesia Skills Competition (Lomba Keterampilan Siswa = LKS) National to XVII at Jakarta for Vocational Highstudent all Indonesia is that of form reality one of effort in developmental human resource that did by Government via Directorate Technical and Vocational EducationDirectorate General of Management for Primary and Secondary Education The Ministry of National Education Republic of Indonesia.

LKS tingkat Nasional yang akan berlangsung tahun ini adalah LKS yang ke 17. LKS tingkat Nasional ini serta merta berguna dan bertujuan untuk memilih dan menentukan anak didik yang merupakan perwujudan yang representatif dari kualitas pendidikan sekolah-sekolah SMK di Indonesia, baik dari aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap, khususnya untuk bidang lomba “Restaurant Service”, yang nantinya diproyeksikan untuk mengikuti lomba Keterampilan tingkat Asean (Asean Skill Competition) dan atau tingkat dunia (Worldskills Competition).


II. Goal Umum:

Meningkatkan Motivasi pencapaian kualitas siswa di seluruh Indonesia, agar dapat memenuhi persyaratan perintisan SMK sebagai sekolah bertaraf Internasional (SBI) yang lulusannya diharapkan dapat memenuhi permintaan akan SDM yang handal yang sangat dibutuhkan oleh dunia industri / dunia kerja baik itu di dalam negeri maupun di mancanegara.

Khusus :
1. Menjalin kerjasama antar sekolah kejuruan dengan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PPPP TK) Bidang bisnis dan Pariwisata.
2. Mengukur kompetensi siswa SMK bidang keahlian Boga khususnya pelayanan restoran (Restaurant service) yang sesuai dengan KTSP (SKKNI) yang diterapkan di sekolah dan dunia industri / dunia kerja.
3. Meningkatkan kemampuan siswa untuk berkompetisi agar dapat memiliki rasa percaya diri terhadap prestasi yang diperoleh.
4. Memberikan gambaran dan fakta kepada siswa tentang persyaratan dan tuntutan dunia industri / dunia kerja sesuai dengan keterampilan atau kompetensi yang dimiliki.
5. Memilih 1 s/d 3 orang siswa SMK bidang lomba Pelayanan di Restoran yang dapat dijadikan wakil pada Lomba Keterampilan Tingkat Asean (Asean Skill Competition) dan atau 1 orang siswa untuk mewakili Indonesia dalam ajang Lomba Keterampilan Tingkat Dunia (World Skill competition).


III. Thema


Lomba Keterampilan Siswa (LKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tingkat Nasional (National Skills Competition) ke–XVII Tahun 2009 dimaksud untuk memacu SMK dalam meningkatkan kualitas dalam proses dan hasil pembelajaran, agar para siswa dan tamatannya mampu memenangkan persaingan dan berkiprah di era globalisasi, baik pada skala Sektoral, Regional, Nasional maupun Internasional. Hal ini dimaksud bahwa kegiatan LKS–SMK dalam prospektif nasional sangat terkait dan merupakan bagian integral dari program strategis peningkatan dan pemerataan mutu pendidikan SMK.


Sehubungan dengan hal tersebut, perlu ditetapkan thema yang secara kontekstual menjadi spirit bersama bagi setiap pihak yang terkait dalam penyelenggaraan LKS–SMK Tingkat Nasional ke–XVII, dan sekaligus menjadi bahan sosialisasi serta publikasi bagi masyarakat luas.


Adapun thema yang ditetapkan, adalah :

“MEMBANGUN MANUSIA INDONESIA CERDAS, TERAMPIL, MANDIRI, BERDAYA SAING GLOBAL”

“INDONESIA SKILLS COMPETITION

TO WINNING GLOBAL COMPETITION”


IV. Peserta


Siswa SMK Bidang Keahlian Tata Boga Program Studi Restoran Bidang Mata Lomba Pelayanan Restoran pada 33 Propinsi di Indonesia, masing–masing propinsi diwakili oleh 1 (satu) orang peserta. Berdasarkan perhitungan dan pengalaman pelaksanaan Lomba Keterampilan Siswa (LKS) Tingkat Nasional tahun–tahun yang lalu, propinsi yang mengirimkan untuk tahun ini diperkirakan sebanyak 30 propinsi, sehingga diperkirakan jumlah peserta untuk Mata Lomba Pelayanan Restoran (Restaurant Service) sebanyak 30 peserta.


Output dari kegiatan ini adalah terpilihnya juara 1, 2 dan 3 serta juara harpan 1 dan 2 untuk Bidang Keahlian Tata Boga pada Mata Lomba Pelayanan Makanan dan Minuman di Restoran.


V. Materi Lomba

A. Lingkup Kepampuan Yang Diujikan

1. Pelayanan Makanan di Restoran :
a. Menutup Meja Buffet (Clothing and Boxing Buffet Table)
b. Membungkus kotak dengan taplak meja (Boxing Gift box)
c. Melipat Serbet (Folding Napkin)
d. Merangkai Bunga (Flower Arrangement
e. Menata Buah Potong pada Platter (Fruit cutting)
f. Pelayanan Makanan dan Minuman (Food Service)
g. Meramu makanan pembuka (Salad Preparation) dan Penutup (Dessert)
h. Meramu Minuman (Mocktail Mixing)


2. Alur Kegiatan :
Penjelasan Umum dan Konduksi
Perencanaan Praktik
Pembukaan
Materi Test I: Clothing, Boxing Table, Folding Napkin, Flower Arrangement, Fruit Platter, Moctail Mixing.
Materi Test II: Table Set Up, Salad Preparation, Food Service, Dessert Preparation.
Test Project III: Fruit Carving, Making Juice
Kalkulasi: Pengolahan Nilai
Penentuan Juara


B. Aspek Penilaian

No.

Kriteria Penilaian

Bobot
A

Food Service Skill (keterampilan melayani pesanan makanan

25

B
Beverages Service Skill (keterampilan melayani pesanan minuman)
20

C

Special Task In Tableside Task (persiapan meja persediaan/Side Board)
20

D

Bar Service (keterampilan meramu dan membuat minuman)
10

E

Social and Commercial Skill (mampu menawarkan menu dan komunikasi efektif dengan tamu)
10

F

Personal Presentation (penampilan diri sebagai seorang Waiter)
10

G

Display Table and Decoration (pajangan hiasan untuk meja makan)
5


Perhitungan nilai akhir merupakan gabungan nilai dari semua unsur dikalikan dengan bobot nilai pada tiap kriteria yang dinilai. Untuk menggali aspek pengetahuan peserta tentang pelayanan restoran, akan dilakukan wawancara perorangan oleh juri dalam waktu bersamaan dengan pelaksanaan kompetisi dengan media bahasa Inggris serta aspek lain yang meliputi kebersihan peralatan dan keselamatan kerja serta wawasan kepariwisataan.


C. Rambu–Rambu

BACALAH DENGAN BAIK DAN TELITI

UMUM

1. Setiap peserta wajib bekerja sendiri–sendiri
2. Peserta yang datang tidak sesuai dengan jadwal, tidak akan dinilai
3. Peralatan yang hilang atau rusak menjadi tanggung jawab peserta
4. Peserta wajib menggunakan tanda pengenal dari panitia
5. Peserta yang tidak mengikuti tata tertib, akan mendapatkan sangsi berupa diskualifikasi
6. Pada hari terakhir lomba, peserta tidak diperkenankan mengemasi peralatannya sebelum waktu yang ditentukan
7. Panitia berhak merubah, menambah, mengganti tata tertib sesuai dengan pertimbangan panitia

KHUSUS

1. Taplak meja untuk Boxing Table disiapkan oleh peserta dengan warna putih berukuran 2,0m x 0,9 meter sebanyak 5 lembar, taplak meja damas putih ukuran 1,5 m x 1.5 m sebanyak 1 lembar untuk wrapping Box.
2. Napkin untuk folding napkin disiapkan oleh peserta sebanyak 10 lembar berukuran 55cm x 55cm damas (boleh berwarna dan dalam keadaan tidak dilipat serta sudah dikanji) ditambah 6 napkin untuk table set up.
3. Moulton, table cloth untuk sideboard, service cloth 60 x 46 cm putih disiapkan oleh panitia
4. Table cloth damas untuk food service warna putih. disiapkan panitia.
5. Celemek kerja, serbet kerja 6 lembar dan 1 buah oval platter (45cm-stainless steel) disiapkan peserta.
6. Perlengkapan alat untuk membuat mocktail dibawa sendiri kecuali Taplak plastik, ember dan tempat sampah.
Bahan untuk pembuatan mocktail termasuk dan tidak terbatas pada apa yang disediakan oleh panitia berupa: Nanas, Melon, Tomat, Jambu Batu Merah, Wortel selebihnya dipersiapkan dan disediakan oleh masing-masing peserta.
7. Cutlery untuk 4 orang disediakan oleh panitia, ditambah persediaan 2 set untuk cadangan.
8. Alat merangkai bunga disiapkan oleh peserta, kecuali bunga, ember, tempat sampah dan taplak plastik.
9. Setiap peserta membawa Table Flag dari propinsi masing-masing beserta tiangnya
10. Busana tiap peserta berwarna hitam putih

- Bagi Wanita: Menggunakan kemeja putih dan dasi kupu-kupu, rok (Panjang/Pendek) berwarna atau hitam dan rompi (warna dan motif bebas), sepatu hitam dengan tumit 5 cm dan stocking senada warna kulit

- Bagi Pria: Kemeja warna putih, dasi kupu-kupu, celana hitam dengan rompi (warna dan motif bebas) sepatu dan kaos kaki hitam dengan tatanan rias karakteristik seorang hotelier.


VI. Tim Penguji


Pada pelaksanaan lomba untuk Mata Lomba Pelayanan Restoran (Restaurant Service), panitia menyediakan 3 (tiga) orang Juri yang berasal dari dunia usaha/industri dan dari dunia pendidikan.


VII. Kriteria Pemenang Lomba


Penentuan pemenang Lomba Keterampilan Siswa (LKS) Tingkat Nasional Ke–XVII di Propinsi DKI JAKARTA Tahun 2009 untuk Mata Lomba Pelayanan Restoran (Restaurant Service) ini berdasarkan pada nilai tertinggi yang dicapai, meliputi semua kriteria yang tercantum.


VIII.
Panitia Lomba


Susunan Panitia Lomba Pelayanan Restoran/Restaurant Service, terdiri dari :

1. Penanggung Jawab :

..................................................................

2. Anggota :

- .............................................. - ..............................................

- .............................................. - ..............................................

- ............................................... - ..............................................

- .............................................. - ..............................................

- .............................................. - ..............................................


IX. Tempat Lomba


Pengusulan tempat lomba untuk Bidang Keahlian Restaurant Service, adalah: .............................................., Hotel - .............................................., _______________.


X. Tata Tertib Lomba

1. Semua peserta membawa alat tulis dan perlengkapan lainnya yang diperlukan dalam lomba.
2. Setiap peserta harus mempergunakan tanda pengenal yang telah disediakan oleh panitia tanpa mempergunakan atribut dari daerah.
3. Setiap peserta diberi waktu untuk orientasi Standard Room Set-Up 1 hari sebelum pelaksanaan lomba.
4. Semua peserta harus mengikuti arahan yang akan diberikan oleh tim juri, 1 (satu) jam sebelum pelaksanaan lomba.
5. Semua peserta, selama lomba bertempat tinggal (penginapan) pada tempat yang telah disediakan oleh panitia.
6. Nomor urut peserta ditentukan oleh juri dalam bentuk undian.
7. Semua peserta diharapkan sudah tiba dipenginapan sehari sebelum pelaksanaan lomba.

X. Registration


Registration (confirmation for participates) with letter or fax that at recommendation by element on duty Province Education at the furthest on
Midle of March2009, to Committee of LKS-SMK XVII National passes through:
Secretariat at Sub directorate of student activity, Directorate Technical and Vocational Educationwith address: complex of The Ministry of National Education, Building E, 12th floor, Sudirman's General road, Center Jakarta, Telephone/Fax.: 62 21 5725469


XI. The Closing


Things that was brought together
in this information sheet will be informed on technical meeting time (technical meeting).

Jakarta, 6 Februari 2009

Penanggung Jawab Bidang Lomba

Restaurant Service LKS – XVII

- ..............................................

No comments:

Post a Comment